Kamis, 12 April 2012

Kelakuan Buruk Level 0 adalah Narsis

Ray.., Rayaaa., ponakanku yg kerennn, mulut! MULUT adalah racun hati paling mematikan.. sungguh, tiada lagi yg bisa mengalahkan keburukan mulut yg jahat.. 

dan berkata sia2 adalah sifat buruk pertama dari mulut yg jahat... dari berkata sia2 akan menjadi: bergunjing.. bergosip.. lantas dari sini, sifat buruknya pecah menjadi dua turunan --> fitnah (jika gosip itu tdk benar); --> ghibah (jika gosip itu benar). 

selain berkata sia2, mulut yg jahat juga memiliki anak2 sifat buruk lainnya, bahkan tahukah engkau Ray, mulut yg jahat ibarat katalis, dia bisa menggelembungkan, bahkan meledakkan sifat buruk lain.. : sombong! sombong misalnya; saat bertemu dgn mulut yg jahat, maka semakin kelam sombongnya.. sombong yg hanya di hati, itu kecil dampaknya, tp sombong yg keluar lewat lisan, sungguh menyakiti orang2 di sekitar.. 

Rayaaa.., ponakanku yg cakeppp, saat engkau kelak dewasa.. maka duniamu akan berubah sekali.. sungguhh berbda dg dunia oom yg sekrng. saat itu orang2 boleh jd lbh banyak tenggelam dalam kotak2 maya mainannya.. kamar2 di rumahnya.. petak2 rumah di lingkungannya.. boleh jd budaya lisan dan tatap muka berkurang.. boleh jadi engkau akan terjaga dari mulut yg jahat karena secara sistematis kelak org lbh sedikit bicara.. tp Ray.., semua itu akan bertransformasi menjadi sesuatu yag lain.. mulut yg jahat, bisa berubah menjadi jari2 yg jahat... ketikan2 komen, tulisan2 di internet.. dsbgnya.. jika org2 tdk bisa mengendalikannya, itu bahkan lbh jahat dr mulut yg jahat, karena semua orang di seluruh dunia bisa 'mendengarnya'..

lantas bagaimana mengurangi tensi mulut yg jahat? oom punya satu rumus yg sederhana.. tidak, oom tidak akan bilang "kurangi" bicara.. "kurangi"  mengetik sesuatu yg tdk berguna.. itu terlalu klasik.. karena toh banyak juga orang yg banyak bicara justru manfaatnya semakin banyak.. jadi oom akan kasih satu tips rahasia.. yaitu: kurangi-lah ber-narsis ria.. 

Rayaaa.., jangan tertawa ya.. itu Betulan (benarn, mksudnya).. kelakuan buruk level 0 dari mulut yg jahat adalah: narsis... atau dalam hal jari2 yg jahat, kelakuan buruk level 0 adalah jari2 yg narsis mengetik atau mengupload sesuatu useless.. itulah gejala awal saat seseorang tdk bisa mengendalikan mulutnya.. dan tahukah engkau.. ketika Raya., sudah mampu mengendalikan bernarsis ria, maka mengurangi nge-rumpi, bicara tidak berguna, berdebat tiada perlu, dan hal2 remeh lainnya bisa dilakukan dgn mudah.. 

semoga masa depanmu akan seindah akhlakmu.. 

# : sy ingin, ponakan2ku yg masih kecil2, adik2ku yg masih kecil.. saat mereka akil baligh, tumbuh remaja, mereka punya bacaan2 dari oom dan kakak-nya ttg akhlak yg baik, karena sy khawatir, saat mereka besar nanti, oom-nya terlalu sibuk mengurus urusan dunia..., di kejar target dan mengejar target..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar