Minggu, 13 Maret 2011

Tidurku Tak Nyenyak Lagi, Malamku Tak Terang Lagi

Kawan, Masih ingat cerita tentang Jeg, seorang anak tukang semir sepatu yg novelny saya ambil secara paksa itu. Beberapa hari lalu, lupa persisnya, jum'at kalo tak salah, Ba’da jum’at, akhirnya ada teman yg bisa konfirmasi di mana lokasi Jeg berada. Maka, sorenya saya bergegas berangkat menuju rumah, tmpat tinggal Jeg. Rumah yang sangat sederhana. Di gang sempit sekitar pasar minggu Kota Bengkulu.
Awalny, saya pikir urusan buku yang salah ambil akan selesai... tapi ternyata; buku harry potter ini jauh dr selesai.. biar saya bawa satu truk tuh buku, tetap saja percuma! sia-sia.. saya hanya menemukan prasasti kesedihan dan penyesalan atas sebuah kejahatan yg mungkin tdk akan pernah bisa diperbaiki lagi..

Jeg butuh satu bulan menabung hingga akhirnya bisa beli harpot ke-7 yg ratusan ribu rupiah itu. Buku itu bukan buat dia; tapi buat kakak-nya yangg berumur 15 tahun. Kakak-nya ini sudah lima tahun terakhir terkena TBC; bulan-bulan terakhir semakin parah, karena kena komplikasi lain.
Kakak perempuannya ini dirawat jalan di rumah; menghabiskan waktu dengan membaca dan menulis.. maka Jeg rajin membelikan buku-buku buat kakaknya. Sudah lama sekali kakak Jeg ini minta dibelikan harry potter 7. Sore itu, saat Jo akan membawa pulang buku tsb, kejadian salah paham itu terjadi...

Maka, mau saya bawa seribu harry potter ke rumah sederhana Jeg, itu semua percuma.. karena kakak Jeg meninggal 2 minggu setelah saya sadar ada salah paham tersebut... jadi kakak Jeg tdk akan pernah bisa membaca buku tsb.. saat mendengar cerita dr ibu Jeg, rasanya mau saya lempar, robek2 saja tuh buku... saya tak tahu akan seperti ini ceritanya..

pas pulang, sekali lg saya minta maaf, Jeg hanya menunduk, bilang pelan: "gk apo2 kak !"

Ya Allah.., Sungguh tidurku terasa tak nyenyak lagi, dan malamku tak terang lagi. Jeg sungguh kau bias menuntut semua kebaikanku. Baik di dunia maupun di akhirat. Sungguh..!!

***
Ya Allah, itulah kenapa "memindahkan duri di jalanan" termasuk salah satu bentuk keimanan pada-Mu... meski ia ada di urutan paling bawah.. karena kami tdk pernah tahu muliplier effect atas sebuah perbuatan.. celakanya, kami bahkan utk hal2 baik seperti sadaqah yg berlipat 700 sj kadang lupa, apalagi soal berlipat2 dampak jahat atas keburukan2 yg pernah kami lakukan.. semoga hamba tdk termasuk yg bangkrut kelak di hari akhir..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar